Selasa, 08 November 2016

Teks Eksposisi : Tayangan TV dapat merusak moral anak.

TELEVISI DAN ANAK

Televisi adalah media elektronik yang berfungsi sebagai media informasi, komunikasi, dan hiburan. Namun belakangan ini televisi juga berfungsi sebagai teman untuk anak-anak yang orang tuanya sibuk bekerja. Ironismya tayangan televisi sekarang berisi hal yang dapat merusak moral anak.

Akhir-akhir ini tayangan televisi banyak mengandung unsur vulgarisme, kekerasan, dan pornografi. Dampak yang ditimbulkan jika anak-anak menonton tayangan yang mengandung tiga unsur di atas sangat berbahaya, contohnya anak-anak dapat menirukan aksi kekerasan dalam film. Selain itu banyak anak-anak yang lebih suka menonton sinetron dibandingkan tayangan untuk anak-anak padahal sinetron banyak berisi unsur romantisme yang sangat tidak cocok untuk anak-anak.

Terlepas dari tayangan yang kurang mendidik ternyata ada beberapa tayangan yang berisi edukasi seperti laptop si unyil. Dalam tayangan tersebut banyak menjelaskan hal-hal yang sangat mendidik sehingga jika anak-anak menonton tayangan seperti itu dapat menambah wawasan mereka.

Maka dari itu orang tua mempunyai peran yang sangat penting dalam memilih tayangan televisi sehingga anak-anak mereka dapat menonton tayangan yang bermanfaat. Orang tua juga harus mendampingi anaknya saat menonton televisi agar dapat memberi arahan terhadap anak tayangan mana yang baik untuk ditonton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar